Program : Pengadaan Alat dan Bahan Pembuatan Persemaian dan Pondok Kerja
Restorasi untuk Rehabilitasi Lahan di Lanskap Semaka
Lokasi : Kecamatan Semaka, Kab. Tanggamus
Organisasi : Yayasan Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (pili.or.id)
Waktu Pengadaan : September 2025
KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
PENGADAAN ALAT DAN BAHAN PEMBUATAN PERSEMAIAN UNTUK REHABILITASI LAHAN DI LANSKAP SEMAKA
1. Latar Belakang
Degradasi lahan di Indonesia, khususnya di lanskap DAS Semaka, menjadi masalah serius yang mengancam fungsi ekosistem dan kesejahteraan masyarakat. Program rehabilitasi yang diinisiasi oleh Yayasan Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI) melalui dukungan The Asia Foundation dalam Program SETAPAK 4, bertujuan untuk memulihkan fungsi hutan lindung, mengurangi risiko bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor, dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pendekatan agroforestri.
Salah satu faktor kunci keberhasilan rehabilitasi adalah ketersediaan bibit yang berkualitas. Untukitu, pembentukan persemaian mandiri oleh kelompok perhutanan sosial merupakan strategi efektif untuk memastikan pasokan bibit yang sesuai dengan kebutuhan program, mengurangi ketergantungan pada vendor luar, dan menghemat biaya pengadaan. Dengan mengelola persemaian sendiri, kelompok dapat mengontrol kualitas bibit secara langsung, mulai dari seleksi benih, penyemaian, pemeliharaan, hingga distribusi ke lokasi tanam., Bibit yang dihasilkan pun diharapkan memiliki daya tumbuh optimal di lahan tanam.
Oleh karena itu, pengadaan alat dan bahan untuk pembuatan persemaian sangat vital. Alat dan bahan ini akan menjadi fondasi bagi kelompok untuk memulai produksi bibit secara mandiri, mendukung keberlanjutan program rehabilitasi di DAS Semaka, dan memberdayakan masyarakat secara ekonomi melalui pengelolaan persemaian.
2. Tujuan
Tujuan dari pengadaan ini adalah mendapatkan alat dan bahan pembuatan persemaian yang akan digunakan untuk kegiatan rehabilitasi lahan
3. Lingkup Pekerjaan
Pengadaan ini mencakup barang-barang esensial yang dibagi menjadi tiga kategori utama: peralatan, dan sarana penunjang.
- Pengadaan Peralatan Persemaian:
No | Nama Alat/bahan | Jumlah | Satuan |
1. | Papan Nama Persemaian | 11 | Unit |
2. | Papan Mutasi/Whiteboard | 11 | Unit |
3. | Bak/Nampan bedeng tabur/bedeng kecambah | 11 | Paket |
4. | Paranet | 11 | Unit |
5. | Kayu Penyangga Naungan | 11 | Paket |
6. | Drum untuk pengairan | 11 | Unit |
7. | Selang untuk pengairan | 11 | Unit |
8. | Kawat | 11 | Unit |
9. | Gembor | 11 | Unit |
10. | Cangkul | 11 | Unit |
11. | Golok | 11 | Unit |
12. | Gergaji | 11 | Unit |
13. | Palu | 11 | Unit |
14. | Sekop | 11 | Unit |
15. | Meteran untuk ukur bibit | 11 | Unit |
16. | Papan atau balok untuk membuat meja kerja dan rak penyimpanan. | 11 | Paket |
- Pengadaan bahan pondok kerja Restorasi
No | Nama Alat/bahan | Jumlah | Satuan |
1. | Balok tiang ukuran 5 x 10 x 4 | 30 | Unit |
2. | Balok ring ukuran 5 x 10 x 5 | 15 | Unit |
3. | Balok kap ukuran 5 x 10 x 6 | 10 | Package |
4. | Balok rangka atap ukuran 5 x 10 x 7 | 10 | Unit |
5. | Balok glogor ukuran 5 x 10 x 8 | 20 | Unit |
6. | Kasau atap ukuran 5 x 5 x 4 | 80 | Unit |
7. | Kasau dinding ukuran 5 x 5 x 5 | 30 | Unit |
8. | Papan dinding ukuran 2 x 25 x 4 | 150 | Unit |
9. | Papan lantai ukuran 2 x 25 x 4 | 20 | Unit |
10. | Seng atap ukuran 180 x 8 | 3 | Unit |
11. | Seng Talang | 10 | Unit |
12. | Paku seng | 5 | Kg |
13. | Paku Papan | 10 | Kg |
14. | Paku kasau | 6 | Kg |
15. | Paku reng | 6 | Kg |
16. | Benang | 5 | Unit |
17. | Papan nama | 1 | Unit |
4. Lokasi Kegiatan
- Penyedia alat yang berada di sekitar Kabupaten Tanggamus atau wilayah dengan akses perjalanan kurang dari 3 jam.
- Lokasi Penurunan Alat:
- Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus.
- Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus.
5. Syarat dan Ketentuan Pembayaran
- Biaya: Harga yang disepakati sudah mencakup seluruh biaya, termasuk pengangkutan dan penurunan di lokasi. Tidak ada biaya tambahan di luar kesepakatan kontrak.
- Pembayaran: Rincian pembayaran akan diatur lebih lanjut dalam perjanjian Kerjasama.
6. Waktu Pelaksanaan
Tata waktu pelaksanaan pengadaan Vendor Peralatan sebagai berikut :
No | Kegiatan | Waktu |
1. | Publikasi internal ToR Penawaran | 22 – 24 September2025 |
2 | Penerimaan Dokumen Penawaran | 22 – 26 September2025 |
3. | Pengumuman Hasil Penawaran | 1 Oktober 2025 |
4. | Diskusi Awal dan Penandatanganan Kerjasama | 2 Oktober 2025 |
5. | Pelaksanaan Pengadaan Peralatan | 6 – 10 Oktober 2025 |
7. Sasaran
Dokumen penawaran dapat dikirimkan oleh perseorangan maupun lembaga dengan melampirkan beberapa hal sebagai berikut :
- Profil Lembaga/CV.
- Proposal terkait harga, merk dan spesifikasi yang ditawarkan
8. Kriteria Penilaian
Berikut adalah kriteria yang akan digunakan untuk mengevaluasi calon vendor bibit:
- Merk dan Spesifikasi Alat
- Harga dan Nilai
- Harga Kompetitif: Harga yang ditawarkan bersaing dan wajar.
- Nilai Keseluruhan: Menawarkan nilai terbaik dengan mempertimbangkan kualitas, dan harga.
- Pengalaman dan Reputasi
- Layanan dan Dukungan
- Responsif: Cepat tanggap dalam komunikasi dan koordinasi.
- Dukungan Purnajual: Memberikan dukungan atau garansi setelah alat diterima, seperti penanganan bibit yang mati saat pengiriman.
9. Narahubung
Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Sdri. Siti Suprehatin melalui Whatsapp di Nomor +6285769601995. Dokumen penawaran dapat dikirimkan melalui email piligreennetwork@gmail.com, cc s.suprehatin22@gmail.com.
10. Penanggung Jawab
Konsultan bibit akan bertanggung jawab langsung kepada Penanggung Jawab Program PILI untuk memastikan kualitas bibit yang dijual dan dikirimkan kepada kelompok petani.
Demikian kami sampaikan dokumen pengadaan ini, Atas perhatian dan penawarannya kami ucapkan terimakasih. Kami tunggu penawaran terbaik dari Anda ataupun lembaga anda.