Jakarta, 11 Mei 2022- Program COREMAP-CTI WB (Coral Reef Rehabilitatoon and Management Program- Coral Triangle Initiative World Bank/ Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang- Segitiga Terumbu Karang Inisiatif Bank Dunia) yang berakhir pada Mei 2022 ini, diharapkan dapat menjadi model bagi pengelolaan ekosistem pesisir prioritas di wilayah lainnya yang ada di Indonesia. Contoh baik ini hanya bisa berlanjut jika diperkuat dengan komitmen dan dukungan koloborasi pemerintah pusat dan daerah, swasta, CSO, akademisi, dan juga masyarakat setempat.

Direktur Kelautan dan Perikanan Bappenas, Sri Yanti. Foto: Nadia Riso/kumparan

Menjaga biota laut merupakan salah satu program yang menjadi fokus pemerintah. Kementerian PPN/Bappenas melalui Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) dalam acara 'Workshop Diseminasi Program dan Exit Strategy Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) World Bank' di Sorong, Papua Barat, ICCTF memaparkan capaian yang pihaknya buat selama 2 tahun di Papua Barat, khususnya di .Raja Ampat.

Kegiatan Evaluasi Tahunan dan Rapat Kerja Yayasan PILI Tahun 2022 (Foto: Aldio Dwi Putra)

Memasuki tahun baru 2022, Yayasan Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI) mulai bersiap mengatur strategi untuk keberlanjutan program kerja yang akan dilakukan selama setahun mendatang. Bertempat di 'Kota Pahlawan' alias Surabaya, pada 13 - 15 Januari 2022, PILI menyelenggarakan Evaluasi Tahunan dan Rapat Kerja 2022. Staf dan associate PILI berkumpul untuk membahas berbagai hal, mulai dari capaian hingga proyeksi untuk 25 tahun ke depan.

Jaga Pariwisata Raja Ampat Bersama Masyarakat (Foto: Evi Indraswati)

Sering kali kita melihat di media sosial atau tayangan media lainnya yang mempertontonkan kecantikan pesona pariwisata Kepulauan Raja Ampat, di Papua Barat. Sedikit sekali yang menyoroti bagaimana masyarakat setempat di puluhan pulau yang berada di kawasan Raja Ampat. Ini menjadi penting diperhatikan, karena justru merekalah yang berada di garda terdepan merawat Raja Ampat yang mayoritas wilayahnya adalah perairan atau laut.

Foto Bersama Kegiatan Pendampingan Penggunaan Peralatan Pendukung RBSFM dan Pengolahan Hasil Tangkapan untuk Pokmas di Raja Ampat (Foto: Ajeng/PILI)

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) dan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) melalui Yayasan Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI), mengadakan kegiatan pemberian bantuan peralatan pendukung kepada 6 kelompok masyarakat (Pokmas) yang berdomisili di sekitar wilayah Suaka Alam Peraian (SAP) Raja Ampat. Penyerahan bantuan berlangsung di Kampung Mutus, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Selasa (2/11/2021).

Pengukuhan Pengurus FKTAPB Rote Ndao. Foto: Victory News

Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Tokoh Adat Peduli Budaya (FKTAPB) Kabupaten Rote Ndao oleh Manaelo Inahuk, atau Ketua Adat Tertinggi, dilaksanakan pada Rabu (1/09/2021) di aula pertemuan rumah jabatan Bupati Rote Ndao. Pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari revitalisasi kepengurusan FKTAPB yang telah dilaksanakan dalam Musyawarah Adat pada 6 Maret 2021.

Page 1 of 4

© 2022 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network