Suasana pelatihan untuk meningkatkan kapasitas KPS/KUPS di Kubu Raya

Mengutip asean.org dari tulisan di katadata.id tanggal 17 Februari 2022, Indonesia memiliki lahan gambut terbesar di Asia Tenggara dengan luas mencapai 20,2 juta hektare. Jumlah itu setara dengan 88% dari total lahan gambut di Asia Tenggara. Lahan gambut di Indonesia tercatat menyimpan 57 gigaton karbon. Jadi, lahan gambut di Indonesia punya peran penting untuk menahan laju perubahan iklim.

Direktur Kelautan dan Perikanan Bappenas, Sri Yanti. Foto: Nadia Riso/kumparan

Menjaga biota laut merupakan salah satu program yang menjadi fokus pemerintah. Kementerian PPN/Bappenas melalui Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) dalam acara 'Workshop Diseminasi Program dan Exit Strategy Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) World Bank' di Sorong, Papua Barat, ICCTF memaparkan capaian yang pihaknya buat selama 2 tahun di Papua Barat, khususnya di .Raja Ampat.

Nabire Dukung Strategi Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim Melalui Pengelolaan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE)

NABIRE - Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos, M.Si. secara resmi membuka diskusi terpumpun atau focus group discussion (FGD) dengan tema ‘Kebijakan Pemerintah Kabupaten Nabire dalam Melindungi Keanekaragaman Hayati dan Mengembangkan Kearifan Adat Melalui Pengelolaan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE).

Jaga Pariwisata Raja Ampat Bersama Masyarakat (Foto: Evi Indraswati)

Sering kali kita melihat di media sosial atau tayangan media lainnya yang mempertontonkan kecantikan pesona pariwisata Kepulauan Raja Ampat, di Papua Barat. Sedikit sekali yang menyoroti bagaimana masyarakat setempat di puluhan pulau yang berada di kawasan Raja Ampat. Ini menjadi penting diperhatikan, karena justru merekalah yang berada di garda terdepan merawat Raja Ampat yang mayoritas wilayahnya adalah perairan atau laut.

Iwan Setiawan, Bogor, 19 Agustus 2022

Umumnya sebagian besar masyarakat Flores tidak mengenal Elang Flores. Hanya segelintir dari peneliti atau pemandu wisata alam yang mengetahui keberadaan elang flores di daratan Flores. Di beberapa tempat, elang flores disebut burung rajawali yang membedakan jenis elang ini dengan jenis elang lainnya.

Jakarta, 11 Mei 2022- Program COREMAP-CTI WB (Coral Reef Rehabilitatoon and Management Program- Coral Triangle Initiative World Bank/ Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang- Segitiga Terumbu Karang Inisiatif Bank Dunia) yang berakhir pada Mei 2022 ini, diharapkan dapat menjadi model bagi pengelolaan ekosistem pesisir prioritas di wilayah lainnya yang ada di Indonesia. Contoh baik ini hanya bisa berlanjut jika diperkuat dengan komitmen dan dukungan koloborasi pemerintah pusat dan daerah, swasta, CSO, akademisi, dan juga masyarakat setempat.

Page 1 of 4

© 2023 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network