Peringatan HKAN dan HUT RI ke-77 di Kabupaten Nabire

Puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2022 sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua mengusung tema “Konservasi sebagai Penggerak Pembangunan Ekonomi Hijau Menuju Nabire Hebat”.

Lamun. Sudahkah Kita Mengenal Lamun?. Infografis: Ayi Setiawan

Beberapa waktu lalu, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa meresmikan 1 Maret sebagai Hari Lamun Sedunia. Pemerintah Sri Lanka mengusulkan Hari Lamun Sedunia untuk dijadikan agenda resmi ke Majelis Umum PBB. Resolusi tersebut diadopsi melalui konsensus, dan disponsori bersama oleh 24 negara. Lalu, apakah kita sudah mengenal 'lamun'?

Kegiatan FGD Menyambut Peringatan HKAN 2022

Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009, ditetapkan pada10 Agustus. Penyelenggaraan kegiatan memperingati HKAN di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah bertujuan untuk menggaungkan secara luas akan pentingnya konservasi alam bagi ketahanan iklim dan perikehidupan berkelanjutan orang asli Papua (OAP).

Percil jawa (Microhyla achatina) Foto: Aldio Dwi Putra

Sejak 2014, PT. Tirta Investama-Aqua Plant Citeureup (PT. TI-APC) telah melakukan upaya konservasi eks-situ dengan membangun dan mengembangkan Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) yang berada di area operasionalnya. Upaya pelestarian telah diinisiasi pada 2006 sebagai bentuk komitmen program Aqua Lestari.

Rumah Persemaian di Kampung Sima, Nabire

Nabire (21/12) – Isack Nanaor, Caleb Waropen, dan dua teman lainnya adalah anak-anak muda Kampung Sima, Distrik Yaur yang tengah membangun fasilitas rumah persemaian. Rumah persemaian (nursery) sebagai tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih (atau bahan lain dari tumbuhan) menjadi bibit/semai yang siap ditanam di area restorasi dan lahan tidur. Kegiatan di persemaian merupakan kegiatan awal di lapangan dari kegiatan penanaman hutan karena itu sangat penting dan merupakan kunci pertama di dalam upaya mencapai keberhasilan restorasi hutan.

Raja udang meninting (Alcedo meninting). Foto: Aldio Dwi Putra

Sejak 2014, PT. Aqua Golden Mississippi (PT. AGM) telah melakukan upaya konservasi eks-situ dengan membangun dan mengembangkan Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) yang berada di area operasionalnya. Upaya pelestarian ini sebagai bentuk komitmen program Aqua Lestari yang diinisiasi sejak 2006.

Pembukaan acara Konsultasi Publik oleh Wakil Bupati Nabire terpilih (22/11/2021).

Nabire (20/11) – Dinas Lingkungan Hidup Nabire (DLH Nabire) merupakan dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang lingkungan hidup di Kabupaten Nabire. Salah satu tupoksi DLH Nabire adalah perumusan kebijakan teknis di bidang lingkungan hidup. Kebijakan teknis yang tengah disiapkan adalah penilaian dan pengusulan kawasan ekosistem esensial (KEE)[1] di bentang alam Nabire.

BBKSDA Papua Lakukan Identifikasi KBKT di Bentang Alam Nabire

Nabire (11/11) – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua (BBKSDA Papua) merupakan unit pelaksana teknis dalam penyelenggaraan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya di wilayah Provinsi Papua. BBKSDA Papua mendapatkan amanah dari Ditjen KSDA, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengidentifikasi kawasan bernilai keanekaragaman hayati tinggi (KBKT) pada area seluas 1,7 juta hektar hingga tahun 2024.

Subcategories

Page 1 of 9

© 2022 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network