Kemitraan PILI, Gojek dan Jejak.in Serta 2 KTH di Lampung Selatan Sukses Tanam Belasan Ribu Bibit Pohon MPTS

Lampung – Kemitraan PILI, Gojek dan Jejak.in bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Rangai Sejahtera dan KTH Wahana lancar berhasil melaksanakan penanaman belasan ribu pohon sebagai wujud kepedulian terhadap perubahan iklim.

Tepatnya, sebanyak sebanyak 15.511 pohon multi purpose trees species (MPTS) telah ditanam sepanjang April hingga Mei 2024 ini. Adapun jenis pohon MPTS yang ditanam yakni pala, nangka, durian, alpukat, dan petai.

Penanaman ini dilaksanakan di Desa Rangai Tri Tunggal dan Desa Karya Tunggal, Kecamatan  Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Bersama ratusan anggota kelompok dari dua KTH yang telah mengantongi izin perhutanan sosial tersebut, penanaman sukses dilakukan.

Mengusung tema “Pulihkan Bumi, Pulihkan Masa Depan”, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap bumi dan menstimulan masyarakat agar turut andil dalam melestarikan bumi.

Diketahui, penanaman ini dilakukan sebagai bentuk komitmen PT Gojek Indonesia untuk berkontribusi dalam penurunan efek Gas Rumah Kaca. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai  peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang akan diperingati tanggal 5 Juni nanti.

Sementara itu, masyarakat menyambut baik kegiatan kolaborasi yang diselengarakan antara PILI Green Network, Gojek dan Jejak.in. Mereka merasa terbantu dengan adanya program penanaman ini.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya program penanaman ini, karena areal izin HKM kami berasal dari hutan lindung. Beberapa diantara memang sudah beralih fungsi. Dan tentu kami butuh pengkayaan hutan sebagai wujud konservasi alam. Kami berharap dapat mengembalikan fungsi hutan lindung melalui penggantian tanaman perkebunan ke tanaman buah-buahan seperti ini” ungkap Ribut Widayanto selaku ketua KTH.

Iwan Setiawan, direktur PILI Green Network menyampaikan, komitmen PILI dalam restorasi dan rehabilitasi hutan dan lahan di provinsi Lampung telah dilakukan sejak 2012 hingga saat ini, mencapai 477 hektar lahan, baik didalam maupun diluar kawasan hutan. Kegiatan penanaman ini pun merupakan bentuk komitmen tersebut.

PILI Green Network terus bercita-cita melaksanakan penanaman pohon diberbagai tempat guna mendukung target pemerintah dalam program FOLU Net Sink. (*)

 

Narahubung : siti suprehatin (0857 6960 1995)
Email : s.suprehatin22@gmail.com
www.pili.or.id
Jl. Tumenggung Wiradiredja no 216 Kel Cimahpar, Bogor utara, Kota Bogor, Jawa Barat

Scroll to Top