Pondok Kerja Restorasi

Pondok Kerja Restorasi merupakan bangunan semi permanen yang didirikan atas inisiasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) bersama Yayasan PILI dan TFCA Sumatra tahun 2020.

Bangunan seluas 10x4 meter ini terletak di akses utama Resort Ulu Belu, TNBBS, Lampung. Jaraknya sekitar 200 meter dari batas TNBBS dan hutan lindung.

Sebelum ada pondok ini, kegiatan penjagaan dan sosialisasi terkait restorasi dilakukan di rumah-rumah warga di Talang Gunung Biru.

Sebagian bahan bangunan ini memanfaatkan bekas pondok yang dulunya digunakan oleh TNI dalam program restorasi. Namun sejak tahun 2015, bangunan tersebut sudah tidak dipakai.

Butuh waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan bangunan berbahan papan kayu dengan atap seng ini. Sebab, proses pengangkutan material dari pondok lama dan toko bahan bangunan hanya bisa menggunakan sepeda motor sehingga memerlukan waktu cukup lama.

Pengangkutan material untuk pembangunan Pondok Kerja Restorasi. Foto: Julyanto/PILI

Proses pembangunan Pondok Kerja Restorasi. Foto: Julyanto/PILI

Pondok Kerja Restorasi menyerupai rumah panggung dengan luas bangunan sekitar 10x4 meter. Foto: Julyanto/PILI

Bentuk bangunan Pondok Kerja Restorasi menyerupai rumah panggung. Tujuannya agar tetap aman ketika sungai yang ada di dekatnya meluap saat musim hujan dan dari cuaca ekstrim. Selain itu dasar bangunan yang tidak langsung menempel permukaan tanah ini juga berguna untuk menghindari hewan liar, misalnya ular.

Pondok Kerja Restorasi ini akan difungsikan sebagai pos jaga serta pusat informasi seperti untuk penyuluhan atau sosialasi terkait kegiatan restorasi berbasis masyarakat.

 

Sumber: Julyanto (Fasilitator Restorasi Site TNBBS Yayasan PILI)

© 2021 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network