Tentang Kami
Slide item 3

Pelatihan Pengenalan Jenis Tanaman Restorasi

Pengenalan ini penting, terutama mengenali jenis apa saja dan juga indukan sebagai sumber bibit untuk kegiatan restorasi selanjutnya. PILI bekerjasama dengan KPHP (Kelompok Pelestari Hutan Pesanguan).

Slide item 4

Pelatihan Pengenalan Jenis Tanaman Restorasi

Pengenalan ini penting, terutama mengenali jenis apa saja dan juga indukan sebagai sumber bibit untuk kegiatan restorasi selanjutnya. PILI bekerjasama dengan KPHP (Kelompok Pelestari Hutan Pesanguan)

Slide item 5

Collaborative Managament Plant

Sosialisasi, koordinasi dan lokakarya collaborative management plant Taman Nasional Gunung Lueser. Medan, 19 - 20 april 2018

Slide item 6

Collaborative Managament Plant

Sosialisasi, koordinasi dan lokakarya collaborative management plant Taman Nasional Gunung Lueser. Medan, 19 - 20 april 2018.

Slide item 7

FGD PILI dengan pihak Taman Nasional Way Kambas

Diskusi Collaborative Managent Plant, antara PILI dengan pihak Taman Nasional Way Kambas dan jajarannya.

Slide item 8

FGD PILI dengan pihak Taman Nasional Way Kambas

Diskusi Collaborative Managent Plant, antara PILI dengan pihak Taman Nasional Way Kambas dan jajarannya.

Slide item 9

PILI Green Network dan Kelompok Pelestari Hutan Pesanguan (KPHP)

Pembuatan demplot oleh Kelompok Pelestari Hutan Pesanguan untuk pembibitan sebanyak 5000 bibit, dari 25 jenis tanaman yang akan ditanami diarea seluas 5 Ha.

Slide item 10

PILI Green Network dan Kelompok Pelestari Hutan Pesanguan (KPHP)

Pembuatan demplot oleh Kelompok Pelestari Hutan Pesanguan untuk pembibitan sebanyak 5000 bibit, dari 25 jenis tanaman yang akan ditanami diarea seluas 5 Ha..

Slide item 11

Diskusi Input Dokumen Rencana Pengelolaan Kolaboratif Taman Nasional Way Kabas

Diskusi ini diadakan di Swiss BelHotel, Bandar Lampung pada tanggal 26 mei 2018.Di hadiri oleh berbagai pihak diantaranya Plt. Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taufik Hidayat, Kepala Dinas Kehutanan, Syaiful Basri dan Direktur Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI), Iwan Setiawan.

Slide item 12

Diskusi Input Dokumen Rencana Pengelolaan Kolaboratif Taman Nasional Way Kabas

Diskusi ini diadakan di Swiss BelHotel, Bandar Lampung pada tanggal 26 mei 2018.Di hadiri oleh berbagai pihak diantaranya Plt. Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taufik Hidayat, Kepala Dinas Kehutanan, Syaiful Basri dan Direktur Pusat Informasi Lingkungan Indonesia (PILI), Iwan Setiawan.

 

Daftar Staf PILI Green Network.

 

 

Direktur : Iwan Setiawan S.Si

Selain pengurus juga pendiri Yayasan Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. Berawal dari peneliti burung dan mamalia, hingga 20 tahun lebih menekuni survey biodeversitas dan kehati di Indonesia. Selain itu sejak tahun 2000 an sudah berkontribusi pada pengembangan pengelolaan kawasan konservasi, penilaian keanekaragaman hayati berbasis Masyarakat Nilai Konservasi Tinggi (NKT), manajerial tim, fasilitasi dan pelatihan untuk penelitian dan pemantauan satwa liar. Selain itu aktif dalam berbagai HCV sebagai Associet.

 

 

Koordinator Program: Evi Indraswati S.Si

Kelahiran Klaten, Jawa Tengah yang saat ini bermukim di Bogor dan lulusan Biologi Universitas Gajah mada. Ketika kuliah banyak berkecimpung dalam kegiatan dan organisasi lingkungan. Hingga saat ini aktif sebagai anggota diberbagai kelompok kerja, diantaranya Pokja Konservasi di Indonesia. Mulai bergabung dengan PILI Green Network sebagai Editor The Indonesian Nature Conservation Newsletter (INCL) sejak 2004. Selain itu menjadi fasilitator proses dalam workshop multisteakholder untuk isu kehutanan dan konservasi 'shared learning', kerjasama dengan CIFOR. Deputy of manager untuk kegitan penyadartahuan limbah DAS Cisadane dukungan SEMAC JICA 2009. Aktif dikegiatan dan strategi pengelolaan kawasan konservasi di Indonesia khususnya kegiatan berbasis tapak dan community engagedment serta kemitraan lingkungan. Menulis aktif untuk praktik pembelajaran program restorasi hutan berbasis masyarakat dan berbagai publikasi kaleidoskop lingkungan 2005 -2008.

 

 

Assosiate Biodiversitas:  Anwar Muzakir S.Si

Lulusan Universitas padjajaran bandung ini merupakan salah satu staf yang lama berkecimpung dengan kehati di Indonesia. Selain satwa, tumbuhan juga menjadi fokus minat penelitiannya diberbagai kawasan konservasi di Indonesia terutama TN gunung halimun  salak di Jawa Barat. Selain itu ia lama menjadi asisten peneliti JICA program.Mengelola program pembelajaran dan mendesain publikasi mengenai isu informasi lingkungan dengan menyediakan informasi awal dari homepage biodata biodiversitas Indonesia. 

 

 

 

Assosiate Policy: Muchamad Muchtar M.Sc

Selain sebagai pendiri PILI, ia membantu kegiatan PILI untuk pengembangan program dan berbagai kajian analisa kebijakan kosnervasi dan lingkungan. Meski ia bekerja untuk lingkungan dengan berbagai donor namun kegiatan riset dan menulis menjadi salah satu fokusnya.  

 

 

 

Asisten Program : Ajeng Miranti Putri S.Hut 

Lulusan Fakultas Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Institut Pertanian Bogor. Selama menjadi mahasiswi terlibat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Bergabung bersama PILI pada tahun 2014, untuk mendampingi kegitan urban community atas dukungan PT Nestle Indonesia. Selain itu aktif sebagai tim riset dan kemitraan lingkungan terutama pengembangan proposal program, selain hobi membaca, jalan-jalan, dan handcrafting. Menjadi fasilitator pendidikan lingkungan di beberapa komunitas di bogor.

 

 

 

 

Administrasi dan Keuangan : Raden Fitria Mulya Safitri S.E

Meski baru satu tahun ia bergabung dengan PILI Green Network, ia sudah berpengalaman sebagai akuntan diberbagai perusahaan swasta didunia perbankan. Kesehariannya berhubungan dengan administrasi, pajak, asuransi dan juga surat-menyurat. Ia juga menggemari jalan-jalan dan wisata kuliner. Energik dan berkemauan tinggi dalam menyelesaikan tugasnya.

 

 

Fasilitator Pendidikan Lingkungan/Konservasi/ Masyarakat:  Arista Setyaningrum S.Si

Lulusan fakultas biologi ini merupakan pribadi yang penuh semangat, sebelum terlibat di PILI sebagai fasilitator lapangan, teta panggilannya telah terlibat dibeberapa kegiatan, voulenteer program indoensia mengajar sebagai pengajar muda di daerah terpencil. Ia bergabung dengan PILI Green Network sejak 2015 menjadi fasilitator masyarakat dipemberdayaan masyarakat untuk restorasi hutan. Selain itu aktif dalam desain layout untuk laporan dan pengembangan proposal program. Dalam kesehariannya, ia terlibat dengan kelompok sekolah, masyarakat dan para pihak dalam kemitran lingkungan di area Lampung.

 

 

 

 

Fasilitator Pengembangan masyarakat/bisnis kemitraan lingkungan: Hasim Andi Taufig S.E

Kelahiran bantul, lulusan sarjana ekonomi salah satu universitas di jogjakarta, pernah bekerja di beberapa perusahaan, bergabung dengan PILI Green Network pada 2015. Hingga kini menjadi fasilitator pengembangan masyarakat dan kegiatan usaha kemitraan lingkungan di wilayah Pesanguan, Tanggamus, Lampung. 

 

 

 

 

Database dan IT : Zaky Ambada R

Lulusan salah satu universitas swasta di bogor, beragabung dengan kegiatan PILI pada awal 2014 sebagai administrator data untuk kegiatan RBM. Semasa kuliah aktif didalam organisasi kemahasiswaan. Hingga kini mengelola IT dan maitenance serta database program dan publikasi website PILI.

 

 

 

Supporting unit/ driver : Asep Abdullah

Biasa dipanggil asep, laki-laki kelahiran sukabumi ini telah lama bergabung di PILI sejak 2008 sebagai pengemudi. Walaupun begitu, ia banyak membantu pengurusan adminitrasi dan juga kegiatan enumerator untuk kajian sosial di Lampung, Pasuruan dan Tulungagung. Kegemarannya akan kegiatan dokumentasi telah teruji dalam berbagai pelatihan fotografi oleh profesional fotografer. Saat ini mengelola database foto dan video serta maitenance alat-alat kantor.

 

 

 

 

 

 

 

PILI- Green Network

PILI (Pusat Informasi Lingkungan Indonesia) Green Network adalah sebuah NGO non-profit yang didirikan pada tanggal 1 mei 2000. Adapun Visi PILI adalah “Terbangunya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pemahaman dan kecakapan dalam konservasi alam di Indonesia”. Misi PILI adalah memperkuat berbagai inisiatif yang bertujuan melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia melalui penyebaran pengetahuan konservasi dan yang memadai dan fasilitasi inistaif yang memadai.

PILI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang program dan kegiatan berorientasi pada konservasi alam dan lingkungan. Program PILI Green Network dibagi menjadi dua komponen utama yaitu Spreading Knowledge (SK) dan Shelter Initiatiative (SI)

 

 

 

 

 

 

PILI Green Network.

Pusat Informasi Lingkungan Indonesia  (Indonesian Environmental Information Center).

PILI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang program dan kegiatan berorientasi pada konservasi alam dan lingkungan. Jaringan kelembagaannya berfokus pada pengumpulan dan pertukaran informasi tentang keanekaragaman hayati dan perlingdungan sumber daya alam serta isu-isu lingkungan. Sebelumnya dikenal sebagai PILI-NGO Movement

Awalnya, PILI terbangun oleh sekelompok orang yang terlibat dalam kegiatan dan organisasi lokal yang berkaitan dengan lingkungan dan berfungsi sebagai penyedia layanan untuk organisasi lain, menyediakan buku-buku dan publikasi, media promosi dan informasi, kampanya, dukungan untuk survei, dan fasilitasi berbagai kegiatan konservasi.

 

Fokus PILI 

PILI mendambakan untuk menciptakan kesadaran tentang lingkungan melalui kolaborasi dan keterlibatan dengan mitra, kelompok masyarakat, masyarakat dan organisasi swasta serta individu yang bersangkutan dengan konservasi keanekaragaman hayati, pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Untuk mencapai hal ini, PILI mengembangkan interaktif 'portal' dan perpustakaan untuk memfasilitasi penyebarluasan newstletter, majalah dan buku. Yang paling dikelah oleh lebih dari 2.500 pelanggan adalah INCL PILI ini (Indonesian Nature Consevation Newsletter) secara luas oleh masyarakat lingkungan nasional dan internasional. Buletin elektronik mingguan ini tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan menyajikan informasi tentang keanekaragaman hayati, seumberdaya alam dan lingkungan hidup yang diambil dari berbagai sumber. 

Sejak tahun 2009, PILI juga mendukung penerbitan "Konservasi Alam" bekerjasama dengan PIKA ( Departemen Pusat Informasi Kehutanan untuk Konservasi Alam). Bekerjasama dengan CIFOR dan WWF, PILI mengembangkan REDD Indonesia (REDD-I) situs untuk meningkatkan kesadaran tentang mekanisme pelaksanaan REDD. Informasi dan pengetahuan tersebarkan melalui berbagai event seperti workshop pembelajaran (bekerja sama dengan CIFOR), Pameran, Seminar, Pelatihan, Lokakarya, Survei Lapangan dan Kunjungan.

 

Yang PILI Lakukan :

Pendampingan Masyarakat sekitar hutan konservasi dan perkotaan terkait isu perambahan, restorasi hutan, edukasi lingkungan dan konservasi. Pengelolaan konservatif, media pembelajaran dan kampanye keanekaragaman hayati. Pengembangan dan peningkatan kapasitas multi pihak.

 

Jaringan PILI :

  • Pokja Konservasi.
  • Shared Learning (Pembelajaran Bersama).
  • Jaringan Pendidikan Lingkungan dan Konservasi.
  • Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat.
  • Kemitraan Lingkungan.
  • Disaster Risk Mitigation (Mitigasi Resiko Bencana).

 

Spesialisasi PILI :

  • Facilitation and Capacity Building (Fasilitator dan Pengembangan Kapsitas).
  • Community Engagement (Keterlibatan Komunitas).
  • Strategi Pengelolaan Tingkat Tapak di Kawasan Konservasi.
  • Restorasi Hutan dan Habitat Sata.
  • Database Management (Manajemen Basis Data).
  • Lesson Learn and Action Plan Consutation (Pembelajaran dan konsultasi rencana aksi).

 

Untuk Versi PDF nya pada link dibawah ini

PILI Green Network

 

 

 

Login Form

Pengunjung Kami

231103
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
56
105
453
230051
2069
3792
231103
Your IP: 54.81.197.24
2018-06-22 16:50