Category: Teknologi
Pages: 186
Library: PUSTAKA BIODIVERSITAS PILI GREEN NETWORK
Year: 2002

Review

PILI 681

Tahun        :  2002

Penulis       :  Dale Furtwengler (Penerjemah: Fandy Tjiptono)

Penerbit     :  Penerbit Andi

Lokasi       :  Yogyakarta, Indonesia

Halaman    :  x+186 hlm (bw)

Ukuran      :  14 x 21 cm

Klas           :   656.312.5 FUR f


Bagaimana Jack Welch, direktur dan CEO General Electric, memanfaatkan waktu kerjanya? Dia menjawab pertanyaan ter-sebut beberapa tahun yang lalu dalam sebuah wawancara televisi di mana dia mengatakan, "Saya memanfaatkan waktu saya untuk berinteraksi dengan orang lain. Jika Anda memiliki orang yang tepat, maka strategi akan berjalan dengan sendiri-nya."

Pada permukaan sepertinya Welch mengatakan bahwa Anda seharusnya mencurahkan waktu dan perhatian Anda pada pere-krutan. Tentu saja dapat dipahami jika implementasi strategi pere-krutan yang tepat akan memberikan keuntungan yang besar, namun masih ada lagi yang lebih dari pesan tersebut. Saya yakin bahwa Welch mengatakan pada Anda bahwa tanggung jawab utama Anda sebagai seorang pemimpin adalah mengem-bangkan orang lain.

Anda mungkin memiliki karyawan yang mempunyai keahlian dalam bidang keuangan, pemasaran, produksi atau teknologi, tetapi Anda dipromosikan sehingga Anda dapat membantu orang lain mengembangkan keahlian mereka sehingga dapat membuat Anda menjadi sangat sukses.

Awalnya Anda mungkin merasa, "Tidaklah terlalu suit. Saya tahu pekerjaan saya, maka mudah saja untuk mengajari orang lain untuk mengerjakan apa yang saya kerjakan." Baru kemudian Anda menyadari bahwa kemampuan Anda hanyalah bagian dari sebuah persamaan. Anda memerlukan karyawan yang memiliki

  • • Ketrampilan untuk dibangun
  • • Keinginan untuk belajar
  • • Kemampuan untuk belajar
  • • Etika kerja
  • • Minat dalam pekerjaan yang perlu dilakukan
  • • Keinginan untuk melihat kesuksesan perusahaan
  • • Keyakinan untuk sukses

Sekarang Anda bertanya-tanya dalam hati, "Apa yang lelah saya dapatkan?" Kasihan! Ada alat yang dapat membantu Anda untuk menjadi seorang master dalam pengembangan karyawan. Inilah yang disebut penilaian kinerja.

Alat yang ampuh ini memungkinkan Anda mampu menilai semua faktor yang terdaftar di atas dan lebih -dari itu. Saya yakin jika beberapa dari Anda bertanya-tanya, "Jika alat ini sangat hebat, mengapa banyak penyelia yang meragukan manfaatnya?"

Pertama, penilaian kinerja jarang disertai dengan instruksi ter-tulis yang lengkap dan jelas. Hal ini sama seperti mencoba mengumpulkan mainan anak-anak Anda. Meskipun disertai' dengan instruksi, tetaplah tidak menyenangkan.

Kedua, Anda mengetahui bahwa selama pertemuan untuk peni­laian, Anda akan mengatakan kepada karyawan Anda bahwa mereka perlu melakukan perbaikan. Itu merupakan pikiran yang menyenangkan!

Beberapa manajer menggembar-gemborkan penggunaan istilah "kritik membangun" sebagai cara untuk memperhalus pesan tersebut. Keyakinan mereka adalah karyawan akan merasa lebih' baik jika mengetahui bahwa kritik tersebut dirancang untuk membantu mereka. Sangatlah menggelikan! Padahal kritik ter-' sebut menyengat ego. Anda dan saya tahu itu.

Ada banyak cara untuk membantu karyawan meningkatkan kinerja mereka tanpa harus mengkritiknya. Dalam buku ini Anda akan mempelajari teknik dan bahasa yang memungkinkan Anda menciptakan lingkungan kerja yang membangun dan produktif, yaitu lingkungan yang membuat karyawan Anda maju dan Anda akan dikenal sebagai master pengembang karyawan.


Add comment


Security code
Refresh