Seperti Jangkrik Tapi Bukan, Ini Dia Si Penyanyi Misterius dalam Hutan

Sobat kaka, apa yang paling diingat ketika berada di dalam hutan?

Selain udara dan pemandangan yang indah, ada hal yang khas jika sobat kaka memperhatikannya. Kira kira apa ya? Oke baik. Yang khas jika berada di dalam hutan adalah suara suara bersahutan seperti jangkrik namun bukan. Seperti suara burung tapi bukan juga. Suara itu berasal dari hewan yang bernama Tonggeret. Sobat kaka pernah kah lihat sebelumnya seperti apa wujudnya?

Nah beginilah rupa salah satu tonggeret yang sempat diabadikan oleh petugas TN Matalawa. Tonggeret yang ditemukan ini masuk ke dalam ordo Hemiptera, family Cicadidae dan masuk ke dalam spesies Huechys sanguinea. Ada sekitar 3.500 spesies tonggeret yang sudah diketahui dan mereka semua termasuk dalam family Cicadidae. Tonggeret ini rupanya bisa dijumpai diseluruh benua, kecuali Benua Antartika yang notabene bersuhu sangat dingin.

Sobat kaka juga tahu tidak kira-kira apa sih makanan tonggeret? Rupanya tonggeret ini adalah pemakan tumbuhan. Ketika makan perilakunya seperti belalang yang makan dengan cara mengunyah.

Tonggeret makan dengan cara menusuk kulit pohon memakai mulutnya yang seperti jarum, kemudian mengisap zat-zat hara yang terdapat dalam pembuluh xylem pohon.

Nah rupanya lagi, kebiasaan mengeluarkan suara merupakan ciri khas tonggeret jantan. Karena hanya jantan yang dapat mengeluarkan suara dengan menggetarkan organ yang bernama “tymbal”. Organ tersebut terletak di pangkal sayapnya. Alasan jantan mengeluarkan suara adalah untuk memikat tonggeret betina.

 

Artikel ini telah tayang di tnmatalawa.com dengan judul "Si Misterius yang Gemar Bernyanyi"

https://tnmatalawa.com/id/si-misterius-yang-gemar-bernyanyi/

© 2020 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network