Black Soldier Fly (BSF) & Maggot BSF

Black Soldier Fly dengan nama latin hermetia illucens atau Lalat Tentara Hitam dalam bahasa Indonesia merupakan jenis lalat dari sekian banyak jenis lalat yang ternyata memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia.

Fase hidup nya terbilang singkat hanaya rata-rata 7 hari, BSF adalah jenis lalat yang bersih tidak makan dari kotoran sampah dan membawa penyakit bagi manusia. BFS betina dapat menghasilkan telur berjumlah 500-900 buah yang akhirnya akan menetas dan menjadi larva.

magot

Maggot BSF adalah fase yang dimulai sejak telur-telur dari bsf ini menetas. Selama hidupnya maggot ini memakan hal-hal yang bersifat organik, maggot dapat menekan limbah organik yang selama ini menjadi masalah bagi kita, dengan jumlah 10.000 larva, dalam waktu 24 jam makanan sebanyak 1 KG akan habis dilahap oleh maggot. maggot bsf ini juga memiliki nutrisi yang baik, kandungan protein dan asam amino yang lengkap dimiliki oleh maggot bsf dan hal ini menjadikannya digunakan sebagai sumber pakan alternatife yang baik bagi sejumlah hewan ternak seperti jenis unggas dan ikan, serta sejumlah binatang peliharaan seperti iguana, burung berkicau, dsb.

 

© 2020 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network