Melihat Elang Jawa "Sang Garuda" lebih dekat di Pusat konservasi Elang Kamoja

Elang Jawa atau yang bahasa ilmiahnya Nisaetus bartelsi merupakan salah satu spesies elang yang endemik di Indonesia. khususnya di Pulau Jawa. Keberadaannya yang langka, dan terus menjadi sasaran perburuan membuat burung pemangsa ini dilindungi negara. Elang jawa dinobatkan sebagai impresi nyata dari Garuda Pancasila.

elang3

Dengan jambul yang menonjol diatas kepala nya menjadi Ciri khas Elang Jawa ini. Sebagai spesies elang berukuran sedang, elang Jawa memiliki tubuh 56-70 cm. Dengan rentang sayap sekitar 110-130 cm.

elang2

Sebaran burung ini berada di ujung barat (Taman Nasional Ujung Kulon) sampai ujung timur (Semenanjung Blambangan Purwo) Pulau Jawa. Tapi burung ini hanya terbatas di wilayah hutan primer dan daerah peralihan antara dataran rendah dan pegunungan. Dengan kata lain, Elang Jawa berspesialisasi hidup di kawasan berlereng.

elang1

Pusat Konservasi Elang Kamojang menampung 136 ekor burung elang dari 12 jenis, berdasarkan hasil sitaan dari perdagangan elang dan kepemilikan pribadi di berbagai kota di indonesia.

 

Foto : Asep (Pusat Informasi Lingkungan Indonesia)

© 2020 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network