PT Agro Bukit Hadirkan Proyek Pembangunan Bersih

Kotawaringin Timur (15/10) – PT Agro Bukit Central Kalimantan (PT ABCK) merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha perkebunan kelapa sawit dan pengolahannya. PT ABCK merupakan anak perusahaan Goodhope Asia Holdings Ltd (Goodhope) yang telah menjadi anggota RSPO sejak tahun 2014. PT ABCK berkomitmen memperkuat posisi ranah perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, dengan menghadirkan proyek pembangunan bersih yang berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

Mekanisme Pembangunan Bersih (Clean Development Mechanism-CDM) adalah sebuah inisiatif di dalam Protokol Kyoto (PK) yang didesain untuk mitigasi emisi gas rumah kaca (GRK) yang dilakukan di negara-negara berkembang, sekaligus memfasilitasi negara-negara maju untuk memenuhi target penurunan emisinya. PT ABCK tengah mempersiapkan instalasi pengolahan biogas dengan reaktor anaerob[1] untuk menangkap gas metan yang dihasilkan limbah (POME)[2]dari Pabrik Kelapa Sawit Sungai Binti (SBM). Penerapan teknologi tersebut menjadi solusi dari kebutuhan industri kelapa sawit akan industri ramah lingkungan. Sebab, melalui teknologi hijau tersebut, efisiensi tinggi pula tercapai melalui biogas yang diproduksi kemudian.

Menurut General Manager PT ABCK, Ahmad Wildan, sejalan dengan kebutuhan industri kelapa sawit akan zero carbon footprint, maka teknologi yang dimiliki Goodhope group merupakan solusi terbaik yang dapat diberikan kepada pelaku usaha perkebunan kelapa sawit.

Proyek pengurangan emisi gas yang dikembangkan PT ABCK merupakan bagian proyek ”Methane capture project of Goodhope group’s at PT ABCK , SBM, Kalimantan, Indonesia”. Kami berharap dengan penerapan teknoligi ini menjadi bagian mitigasi perubahan iklim, tutur Ahmad Wildan. Lebih lanjut, pembangunan instalasi ini menjadi motivasi bagi perusahaan lain secara khusus di Kalimantan Tengah dan umumnya di Indonesia untuk melakukan usaha yang sama dalam rangka pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi.

Sehubungan dengan rencana proyek PT ABCK tersebut, kami akan meluncurkan proyek tersebut dan mengundang berbagai pihak memberikan pandangannya. Peluncuran kegiatan akan berlangsung pada tanggal 18 Oktober 2021, bertempat di Sungai Binti, Desa Natal Baru, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Utara, Kalimantan Tengah.

Fasilitas pabrik kelapa Sawit Sungai Binti SBM 1

Fasilitas pabrik kelapa Sawit Sungai Binti SBM

Gambar. Fasilitas pabrik kelapa Sawit Sungai Binti (SBM) yang menjadi tempat pengembangan pengolahan biogas untuk menangkap gas metan yang dihasilkan limbah

 

Kontak Media

Agus Setiadi Jaya

Assistant Manager EHS (Environmental Health & Safety)

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Phone: 082140434944

[1] ZHPB (Zero Pond, Zero Pollution & Higher Biogas) Covered Anaerobic Lagoon Reactor (CALR)

[2] POME (Palm Oil Mill Effluent)

© 2021 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network