2 Orangutan yang Diselundupkan ke Thailand Dipulangkan ke Indonesia

BANGKOK, KOMPAS.com - Sepasang orangutan Sumatera diterbangkan pulang ke Indonesia pada Kamis (17/12/2020). Melansir Euronews, kedua orangutan itu diselundupkan ke Thailand oleh penyelundup satwa liar saat masih bayi. Kedua orangutan itu bernama Ung Aing dan Natalee.
Mereka dibawa ke negara itu tiga tahun lalu. Kini mereka berusia empat tahun. Polisi mengatakan Ung Aing dan Natalee dimaksudkan untuk dijual ke industri pariwisata. Orangutan tersebut ditemukan setelah polisi mendapat informasi, tentang sebuah kendaraan yang menyeberang ke Thailand dari Malaysia pada Juni 2017. Mereka diselamatkan bersama dengan 39 kura-kura Hamilton, 12 kura-kura India, dan enam rakun. Sepasang orangutan tersebut sempat dikandangkan di pusat penyelamatan satwa liar di Thailand.

Setelah kembali ke Indonesia, mereka akan menjalani program rehabilitasi sebelum dilepaskan kembali ke alam liar di Sumatera. Ung Aing dan Natalee harus menjalani tes virus corona sebelum keberangkatan mereka. Proses ini dilakukan oleh para ahli hewan dari Universitas Chulalongkorn Bangkok, melansir AFP pada Kamis (17/12/2020). Petugas sempat memberi makan keduanya pisang, kelapa, dan elektrolit melalui lubang kecil di kandang mereka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Orangutan yang Diselundupkan ke Thailand Dipulangkan ke Indonesia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2020/12/18/151517670/2-orangutan-yang-diselundupkan-ke-thailand-dipulangkan-ke-indonesia.
Penulis : Bernadette Aderi Puspaningrum
Editor : Aditya Jaya Iswara