Info Terkini
Slide item 1

Workshop Bersama Mitra Dari TNBBS

Workshop Penguatan Pengelolaan Kawasan Konservasi

Slide item 2

Workshop Bersama Mitra Dari TNBBS

Workshop Penguatan Pengelolaan Kawasan Konservasi.

 


Empat Tahun Lalu kami merintis aksi konservasi di pedalaman Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung. Setapak demi setapak kami bersama masyarakat melakukan restorasi hutan.

Pelajaran berharganya, restorasi perlu pendampingan kreatif dan mengedepankan proses. Bila pemulihan hutan hanya dinilai dari sisi teknis penanaman, barangkali tak ada hambatan yang berarti. Solusi selalu ada : Tanaman mati, bisa disulam. Tanaman loyo, bisa disiram air. Hanya saja butuh syarat : rajin merawat tanaman.

Tantangan yang menguras energi justru datang dari luar petak tanam : dinamika sosial. Dari pelajaran itu, kami memaknai restorasi sebagai seni, katakan begitu, yang memadukan pengetahuan ekologi dan sosial. Sebagai Seni, restorasi perlu ruang yang lebih longgar untuk mewadahi kreativitas dalam menghadapi dinamika ekologi dan sosial.

Buku ini juga sebagai ruang kreatif untuk berbagi pengalaman restorasi di pesanguan. Harapan kami, wawasan dari pesanguan bisa memperkaya khazanah restorasi di Indonesia.

Buku ini dapat diunduh pada link di bawah ini:

Buku Arus Balik Pesanguan Restorasi Bukit Barisan Selatan

Login Form

Pengunjung Kami

212109
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
54
67
121
210966
2109
2295
212109
Your IP: 54.227.104.40
2018-01-22 16:20