LOWONGAN KOORDINATOR UTAMA LAPANGAN COREMAP-CTI BAPPENAS PAKET 6 YAYASAN PILI

LOWONGAN KOORDINATOR UTAMA LAPANGAN
COREMAP-CTI BAPPENAS PAKET 6 YAYASAN PILI

 

Latar Belakang


Salah satu peran Bappenas dalam pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan adalah menyiapkan bahan pengoordinasian, memastikan kelancaran dan percepatan pelaksanaan kegiatan pengelolaan laut dan pesisir.  Salah satu implementasinya adalah menyiapkan dan mengembangkan model percepatan pengelolaan pesisir sebagai rekomendasi kebijakan yang dapat di replikasi di seluruh wilayah pesisir.

Untuk mendorong penyiapan dan pengembangan model percepatan pengelolaan pesisir, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) – satuan kerja di bawah Bappenas yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Nomor KEP-44/M.PPN/HK/09/2009 jo. Nomor KEP-59/M.PP/HK/09/2010 jo. Peraturan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional  Nomor 03 Tahun 2013, mengimplementasikan proyek The Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI). COREMAP-CTI merupakan program perlindungan ekosistem terumbu karang yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas kelembagaan untuk monitoring dan penelitian ekosistem pesisir guna menghasilkan informasi berbasis data, serta peningkatan efektivitas pengelolaan ekosistem pesisir prioritas.

Proyek COREMAP-CTI dilaksanakan bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pelaksanaan program ini dibiayai oleh dana Pinjaman dan Hibah dari Bank Dunia, dengan LIPI sebagai pelaksana dari komponen dana pinjaman, dan Bappenas melalui ICCTF sebagai pelaksana dari komponen dana hibah. COREMAP – CTI yang diimplementasikan oleh ICCTF adalah proyek hibah yang didanai oleh Global Environmental Fund (GEF) melalui Bank Dunia.

Yayasan PILI dipercaya untuk melaksanakan kegiatan paket 6 dengan judul kegiatan Berangkat dari Adat: Penguatan Tata Kelola Perikanan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Hukum Adat (MHA) di Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu - Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Suaka Alam Perairan (SAP) Kepulauan Raja Ampat - Provinsi Papua Barat.

 

 

Deskripsi Pekerjaan

Koordinator Utama Lapangan membantu Program Manajer dalam memenuhi tata laksana kegiatan, monitoring dan evaluasi, serta pelaporan hasil kegiatan sesuai tata waktu dan persyaratan yang ditetapkan oleh ICCTF sebagai pelaksana dari komponen dana hibah COREMAP-CTI, BAPPENAS

 


Tugas Utama:

  1. Membantu dan berkoordinasi dengan Program Manajer dalam melakukan perencanaan, persiapan, mengoordinasi, memantau dan memastikan pelaksanaan kegiatan memenuhi target luaran program sesuai tata waktu yang telah disepakati di 2 (dua) lokasi kerja.
  2. Membantu dan berkoordinasi dengan Program Manajer dalam penyusunan laporan sesuai tata waktu yang telah disepakati untuk 2 (dua) lokasi kerja dan memberikan saran teknis terkait implementasi kegiatan.
  3. Membantu dan berkoordinasi dengan Program Manajer dalam membangun dan mejaga komunikasi yang baik dengan para pihak terkait.

Output

Koordinator Lapangan Utama menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan, dokumen teknis program, dan dokumen pendukungnya kepada Program Manajer.

 

Kualifikasi

  1. Pria atau Wanita
  2. Minimal S1 di bidang lingkungan/kehutanan/biologi/kelautan (memiliki kemampuan pengolahan/menganalisa data spasial/GIS (pertimbangan khusus);
  3. Memiliki kemampuan dan berpengalaman dalam mengkordinasi tim;
  4. Memiliki inisiatif mandiri (self-starter) dan kemampuan bekerja dengan minimum supervisi;
  5. Inter-personal skill dan communication skill yang kuat dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat;
  6. Pemahaman yang baik mengenai konteks lokal, dinamis dan sensitive terhadap budaya lokal;
  7. Kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris yang baik (tulisan dan oral);
  8. Disiplin dan berdedikasi tinggi dan memiliki rasa tanggung jawab;
  9. Memiliki jaringan komunikasi dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan dan atau UPT terkait khususnya BKKPN Kupang (pertimbangan khusus).
  10. Bersedia ditempatkan di Kantor Lapangan,
  11. Pernah bekerja atau memahami konteks bekerja di lapang

Lokasi dan Durasi

Koordinator Utama lapangan akan ditempakan (duty station) di Kupang. Durasi penugasan untuk posisi ini adalah 19 bulan (kontrak per tahun). 

Tanggal Mulai Kontrak : September 2020

Kirimkan aplikasi dan CV anda ke :

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Atau
kirimkan ke alamat kantor :
PILI Greennetwork
Jl. Tumenggung Wiradireja no.216, Cimahpar, Bogor
16155. 0251-8657171

Paling lambat: 15 Agustus 2020

Hanya kandidat terpilih yang akan melalui proses wawancara.

Melamar Posisi ini