Image

Latar Belakang

Salah satu peran Bappenas dalam pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan adalah menyiapkan bahan pengoordinasian, pelancaran dan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan pengelolaan laut dan pesisir. Salah satu implementasinya adalah menyiapkan dan mengembangkan model percepatan pengelolaan pesisir sebagai rekomendasi kebijakan yang dapat di replikasi di seluruh wilayah pesisir.

Untuk mendorong penyiapan dan pengembangan model percepatan pengelolaan pesisir, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) – satuan kerja di bawah Bappenas yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Nomor KEP-44/M.PPN/HK/09/2009 jo. Nomor KEP-59/M.PP/HK/09/2010 jo. Peraturan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Nomor 03 Tahun 2013, mengimplementasikan proyek The Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI). COREMAP-CTI merupakan program perlindungan ekosistem terumbu karang yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas kelembagaan untuk monitoring dan penelitian ekosistem pesisir guna menghasilkan informasi berbasis data, serta peningkatan efektivitas pengelolaan ekosistem pesisir prioritas. Proyek COREMAP-CTI dilaksanakan bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Program ini dibiayai oleh dana Pinjaman dan Hibah dari Global Environmental Fund (GEF) melalui Bank Dunia.,

Yayasan PILI Green Network terpilih sebagai pelaksana kegiatan Paket 6 dengan judul kegiatan Berangkat dari Adat: Penguatan Tata Kelola Perikanan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Hukum Adat (MHA) di Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu - Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Suaka Alam Perairan (SAP) Kepulauan Raja Ampat - Provinsi Papua Barat. Paket ini memberikan kontribusi pada peningkatan efektifitas pengelolaan EKKP3K BBKPPN kupang untuk mencapai 75% (persen) level Biru. Kegiatan paket 6 ini memberikan kontribusi pada sub komponen penataan sumber daya pesisir pada masyarakat.

© 2020 Pusat Informasi Lingkungan Indonesia. All Rights Reserved. PILI - Green Network